Sabuk Bonceng Anak : Sabuk Pengaman Motor untuk Anak

Sabuk Bonceng Anak adalah  produk sabuk pengaman motor untuk anak. Perangkat keamanan ini digunakan untuk mengurangi resiko di jalan raya saat pengendara sepeda motor membonceng anak. Penggunaan sabuk pengaman motor sudah selayaknya menjadi perhatian bagi para pengendara sepeda motor agar perjalanan saat membawa serta anak dapat lebih aman dan nyaman.

Sabuk Bonceng SB Pro Model C Pakai-SB-Pro-Tipe-B-C


 

Berikut ini adalah kutipan data dari beberapa sumber mengenai jumlah banyaknya sepeda motor di Indonesia:

  • Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang bersumber dari Kepolisian Republik Indonesia tahun 2010, jumlah sepeda motor di Indonesia tahun 2010 adalah 61.078.188 *1). Data jumlah ini berlum termasuk dengan tambahan  data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan bahwa;

  • Penjualan sepeda motor di Indonesia tahun 2011 adalah sebanyak  8.043.535 unit yang merupakan akumulasi  anggota AISI seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Kanzen dan TVS *2).
  • Data hasil penjualan sepeda motor di Indonesia semester I 2012 yang juga dikeluarkan AISI menyebutkan bahwa telah terjadi penjualan terhitung bulan Januari – Juni 2012 sebesar 3.742.984 *3), atau dengan kata lain setiap bulan sepanjang tahun 2012 ini lebih dari 550 ribu sepeda motor baru terjual. Dengan demikian, berdasarkan ketiga sumber data diatas dapat dihitung secara kasat mata bahwa jumlah sepeda motor di Indonesia 2012 sampai dengan bulan Agustus 2012 lebih dari 72 juta unit! Sebuah angka yang besar bagi jumlah kendaraan roda dua.

Besarnya jumlah kendaraan sepeda motor ini ternyata membawa dampak yang berpengaruh jumlah terhadap banyaknya kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Terlebih di saat musim mudik lebaran, dari tahun ke tahun senantiasa terjadi peningkatan fenomena pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pertimbangan ekonomis dan praktis yang menjadi alasan ternyata lebih kuat dibandingkan dengan upaya menjadikan perjalanan yang lebih aman dan nyaman. Data Korlantas Polri mencatat untuk sementara hingga Sabtu, 18 Agustus 2012, pukul 08.00 WIB, jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan saat mudik Lebaran pada tahun 2012 sudah mencapai 446 orang dari total 2.551  kecelakaan lalu lintas, menyebabkan luka berat sebanyak 649 orang dan luka ringan 2.296 orang.

 Mengutip tulisan di igcomputer.com, ternyata lebih dari 70% kecelakaan ini terjadi pada kendaraan roda dua. Satu kenyataan yang membuat miris hati jika mengingat yang mengalami kecelakaan tersebut adalah orang-orang yang sebetulnya hendak melakukan perjalanan untuk bertemu dengan sanak-saudara dan handai taulan yang sudah lama tak bertemu. Setiap tahun ratusan orang menjadi korban dari sebuah tradisi mudik yang tentunya menyisakan kesedihan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Menyimak data dan fakta tersebut, SB Pro berupaya untuk menjadi bagian dari solusi mengurangi akibat masih kurangnya tingkat kesadaran sebagian masyarakat kita akan perlunya meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan selama perjalanan di jalan raya. Melalui sosialisasi dan membangun kesadaran lebih untuk berlaku tertib dan taat akan aturan di jalan raya, sabuk bonceng SB Pro memberikan pilihan bagi para pengendara sepeda motor yang karena berbagai alasan masih menggunakan kendaraan roda dua dan membonceng anak untuk menggunakan sabuk pengaman motor.

Pilihan model sabuk dan model rompi serta corak warna yang beragam dapat menjadi pilihan Anda untuk turut serta membangun kultur berkendara motor yang lebih aman. Pemesanan sabuk bonceng SB Pro dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dengan sms, email, pengisian form pemesanan online, ataupun lewat facebook. Mari kita bersama meningkatkan kepedulian bersama untuk memberikan pendidikan terhadap anak agar lebih tertib dan mentaati peraturan lalu lintas.

 Pesan-Sabuk-Bonceng-SB-Pro

 

Referensi:
*1) http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&daftar=1&id_subyek=17&notab=12
*2) http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/01/06/326979/30/9/Total-Penjualan-Sepeda-Motor-2011-Hanya-8043-Juta-Unit
*3) http://autoblogindonesia.wordpress.com/tag/data-aisi-2012/

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*